Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 02 November 2016

Estimasi Biaya Pernikahan Tahun 2016 Dibawah 50 Juta


Pernikahan menjadi sebuah impian yang diidam-idamkan hampir semua orang, khususnya bagi kaum perempuan yang mendambakan suatu pesta pernikahan yang sesuai dengan keinginannya.

Mempersiapkan dana menikah yang tidak sedikit sebaiknya dikumpulkan jauh hari sebelum hari pernikahan, khususnya bagi Anda yang tidak ingin bergantung kepada orangtua, idealnya 2-3 tahun sebelumnya dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan setiap bulannya. Dengan begitu maka tidak akan terjadi kepanikan mengetahui biaya yang keluar saat mempersiapkan pernikahan nanti.


Estimasi Biaya Pernikahan Tahun 2016 Dibawah 50 Juta


Lalu berapa sih dana yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan pesta pernikahan?

Dari hasil diskusi dengan beberapa teman yang telah menikah, rata-rata pengeluaran biaya menikah dengan menyewa gedung di Jakarta adalah sekitar Rp 150juta–Rp 300 juta tergantung dari jumlah tamu dan lokasi gedung. Sedangkan dengan menyewa aula pertemuan adalah sekitar Rp 70juta–Rp 150juta tergantung dari jumlah tamu dan luas aula. Beberapa teman memutuskan untuk mengadakan di rumah selain lebih hemat, mereka percaya bahwa pengeluaran kebutuhan berumahtangga jauh lebih penting daripada pesta pernikahan yang mewah.

Lalu bagaimana jika hari pernikahan sudah mendekat namun dana yang tersedia kurang dari yang diharapkan?

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu sesuaikan konsep pernikahan Anda dengan anggaran yang dimiliki. Jangan menyelenggarakan acara yang melebihi dari kemampuan finansial Anda dan pasangan.

Beberapa tips mengenai pernikahan yang sederhana dan terjangkau adalah sebagai berikut :

1.      Tempat
Adakan acara pernikahan di rumah atau aula pertemuan yang biasa digunakan untuk acara. Selain lebih murah, tidak ada batasan waktu dan persyaratan lainnya.

2.     Tamu
Hitung ulang jumlah tamu, karena hal ini mempengaruhi biaya makanan. Tamu yang cukup dekat dengan calon mempelai dan keluarga bisa diundang.

3.     Katering
Minta tolong dengan saudara ataupun tetangga yang ahli memasak untuk jasa katering dirumah dan menyewa peralatan makan dari jasa tenda bisa lebih murah.

4.     Acara
Gabungkan prosesi akad nikah dengan resepsi dalam satu hari. Dengan cara ini Anda bisa melakukan penghematan dari sisi tata rias dan katering.

5.     Undangan
Jangan membuat kartu undangan dari bahan yang mahal, mengingat bahwa kartu tersebut tidak akan digunakan lagi. Untuk teman dekat bisa menggunakan email atau telepon, dengan begitu dapat menghemat pembuatan kartu undangan.

6.     Souvenir
 Membeli souvenir yang bermanfaat dengan harga terjangkau.

7.     Baju Pengantin
Sebaiknya untuk pakaian pengantin bisa menyewa lengkap dengan aksesorisnya, dibandingkan dengan menjahit sendiri perlu ada ongkos membeli bahan dan jahitnya, lagipula pakaian pengantin hanya satu kali pakai.

8.      Panitia
Minta teman atau kerabat Anda untuk membantu keperluan pernikahan. Misalnya saja untuk dokumentasi foto atau video, dekorasi, membuat undangan bahkan rias pengantin. Kerahkan dan bagi tugas kepanitiaan di lingkungan keluarga dan saudara dekat, dengan ini Anda tidak perlu khawatir dengan jalannya acara pernikahan, karena sudah ada yang bertanggung jawab.

Dibawah ini adalah salah satu contoh anggaran dana untuk menyelenggarakan pesta pernikahan sederhana :
Pengeluaran
Rincian
Biaya
Sewa Aula Pertemuan/Masjid
Termasuk jasa kebersihan dan keamanan
Rp.        2.000.000,-
Sewa Jasa Tenda
Tenda, kursi, dekorasi pelaminan, rias dan baju pengantin, peralatan catering
Rp.      13.000.000,-
Sewa Jasa Fotografi
Foto dan video liputan 10 jam
Rp.        2.000.000,-
Katering
Membeli bahan dan memasak sendiri dengan menggunakan jasa ahli memasak
Rp.     20.000.000,-
Kartu Undangan
Soft cover dengan 1 warna 400 x 1500
Rp.           600.000,-
Souvenir
Beli di Jatinegara 400 x 1500
Rp.           600.000,-
TOTAL
Rp. 38.200.000,-
* Jumlah tamu : 800 orang (400 undangan)
Selamat mempersiapkan pernikahan bagi Anda yang akan menikah, bijaklah dalam mengeluarkan biaya pengeluaran dan selanjutnya persiapkan diri Anda dan pasangan untuk menjalani kehidupan rumah tangga setelah menikah, tentunya banyak hal yang menjadi tanggung jawab masing-masing. ( sumber: http://www.qmfinancial.com/)
Terleas dari itu semua, hal-hal yang wajib dalam pernikahan tidak memerlukan biaya yang sangat mahal. Hanya mahar yang disesuaikan dengan kemampuan kaum pria. Terlepas dari itu hanyalah pelengkap dalam sebuah pernikahan. Jangan sampai sesuatu yang tidak wajib malah menjadi penghalang berlangsungnya pernikahan. Hidarilah gengsi di hadapan manusia, karena sesungguhnya mulia di hadapan Allah itu jauh lebih utama. 
Pernikahan yang syar’i bisa bernilai nyaris Rp. 0, - ( Nol Rupiah ). Karena nikah di KUA kan gratis apalagi kalau ikut nikah masal. :D

Bagi kalian yang berusaha, semoga cepat dimampukan. Aamiin. Tapi harus ingat, harus ada calonnya dulu. :D

1 Response to Estimasi Biaya Pernikahan Tahun 2016 Dibawah 50 Juta

  1. Ayo daftarkan diri Anda di F*a*n*s*B*E*T*I*N*G :)
    pin bbm 5-E-E-8-0-A-F-E

    BalasHapus

Back To Top