Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 30 Maret 2016

Naudzubillah!! Inilah Hal Yang Paling Menakutkan yang Akan Di Alami Semua Manusia

Naudzubillah!! Inilah Hal Yang Paling Menakutkan yang Akan Di Alami Semua Manusia
Naudzubillah!! Inilah Hal Yang Paling Menakutkan yang Akan Di Alami Semua Manusia

Alam kubur adalah awal kehidupan hakiki dari seorang manusia. Mempelajari apa-apa yang terjadi di alam kubur banyak memberikan faedah. Seseorang yang mengetahui bahwa di alam kubur ada nikmat kubur tentu akan berusaha sebisa mungkin selama ia masih hidup agar menjadi orang yang layak mendapatkan nikmat kubur kelak. Seseorang yang mengetahui bahwa di alam kubur ada adzab kubur juga akan berusaha sebisa mungkin agar ia terhindar darinya kelak. Nikmat dan adzan kubur adalah perkara ghaib yang tidak terindera oleh manusia. Manusia yang merasakannya pun tentu tidak dapat mengabarkan kepada yang masih hidup akan kebenarannya. Maka satu-satunya sumber keyakinan kita akan adanya adzab dan nikmat kubur adalah dalil Al-Qur’an dan Sunnah. Dan banyak sekali dalil dari Al-Qur’an dan As-Sunnah serta ijma para sahabat dan tabiin yang menetapkan adanya alam kubur. Namun sebagian orang dari Ahlul Bidah mengingkarinya karena penyimpangan mereka dalam memehami dalil-dalil syar’i.

Alam kubur adalah awal perjalanan akhirat, barangsiapa yang selamat di alam kubur, maka setelahnya lebih muda. Barangsiapa yang tidak selamat, maka setelahnya lebih berat. Jadi jelas bahwa karena begitu jauhnya perbandingan antara siksa kubur dengan siksa mereka kelak di hari kiamat, hingga ketika mereka masih disiksa di alam kubur masih dalam proses penangguhan.

Sebagian ulama memang menafsirkan secara mutlak bahwa maknanya adalah mereka tidak akan mendapatkan adzab hingga hari kiamat, namun yang dimaksud adalah sebagaimana yang di ungkapkan Ibnu Katsir dan Al-Baghawi diatas. Karena faktanya, sebagian orang kafir bahkan di adzab ketika mereka masih hidup. Dan perlu di catat, para ahli tafsir yang menafsirkan secara mutlak demikian tidak ada yang memahami bahwa ayat ini menafikan adzab kubur. Jadi memahami ayat ini dengan pemahaman para penolak adanya adzab kubur, adalah pemahaman baru yang tidak ada pendahulunya, serta bertentangan dengan ratusan dalil.


“ Dan pada hari terjadinya kiamat, bersumpahlah orang -orang yang berdosa, mereka  tidak berdiam (dalam kubur), melainkan sesaat saja (saja). Seperti demikianlah mereka selalu di palingkan (dari kebenaran) “.( QS.Ar-Ruum : 55)

Para ahli tafsir menjelaskan mengenai makna sesaat, Al-Baidhawi berkata : Maksudnya adalah masa di alam kubur dianggap terlalu sebentar jika dibandingkan dengan lamanya siksaan mereka di akherat kelak. Atau penafsiran yang lain, mereka lupa akan lamanya berada di alam kubur (Anwar At-Tanziil 4:488). Sebagian ahli tafsir memaknai bahwa maksudnya adalah masa ketika hidup di dunia. Al-Baghawi mengatakan, maksudnya adalah masa di dunia di anggap terlalu sebentar dibandingkan dengan akherat (Maalim At-Tanziil 6:278). Seluruh tafsiran diatas tidak ada yang bertentangan dengan dalil-dalil adanya adzab kubur.

Dan sekali lagi perlu di catat, tidak ada ahli tafsir yang memahami bahwa ayat ini menafikan adanya adzab kubur. Menunjukkan bahwa ayat ini dengan dalil-dalil shahih tentang adanya adzab kubur tidaklah bertentangan.

Hani, budak Utsman bin Affan meriwayatkan hadits, ketika Utsman ra berhenti di sebuah kuburan, beliau menangis tersedu-sedu sampai basah janggutnya. Lalu beliau ditanya, engkau mengingatkan surga dan neraka tetapi tidak menangis. Namun saat mengingat kubur, engkau menangis, mengapa? jawab beliau, Aku mendengar Rasulullah saw bersabda : “ Kubur adalah rumah akhirat pertama “. Bila selamat di kubur, maka setelahnya menjadi lebih mudah. Bila tidak selamat dari kubur, maka setelahnya lebih sulit. Aku juga mendengar Rasulullah saw bersabda : “ Aku tidak melihat suatu pemandangan pun yang lebih menakutkan dari kubur (HR.At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Disebabkan fase setelah kubur lebih mudah bagi yang telah selamat, maka seorang mukmin dalam kuburnya, ketika melihat surga yang telah disiapkan Allah, mereka berkata : Ya Tuhan ,segerakanlah terjadinya kiamat agar aku tidak kembali ke keluarga dan hartaku. Sedangkan orang-orang kafir, ketika melihat adzab pedih yang disiapkan Allah baginya, berseru : Ya tuhan jangan kau datangkan kiamat. Karena yang akan datang setelahnya lebih pedih siksanya dan lebih menakutkan.
Semoga bermanfaat, jangan lupa bagikan info ini ya…
Sumber : reportaseterkini.net

 Baca Juga :

1 Response to Naudzubillah!! Inilah Hal Yang Paling Menakutkan yang Akan Di Alami Semua Manusia

  1. F*a*n*s*B*E*T*I*N*G Aman dan terpercaya
    Info lebih lanjut : 5ee80afe :)

    BalasHapus

Back To Top