Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 11 Maret 2016

Mengerikan... Inilah BAHAYA DI BALIK BEDONG KENCANG Bayi

Inilah BAHAYA DI BALIK BEDONG KENCANG Bayi
Inilah BAHAYA DI BALIK BEDONG KENCANG Bayi

Yah, tidak pinter mbedong ini, baru 5 menit segera terlepas, gini lho yang bener kenceng begini… “
“Bedong buat anak anteng, tidak kagetan, tidurnya pulas, anda dapat juga istirahat malem. ”
“Baby usia brp, kok kakinya gak lurus itu? Dahulu tidak pernah dibedong ya? ”
*melongo bingung jawabnya*

Karena Saya Wanita - Begitulah " selentingan-selentingan " kecil sekitar bedong bayi di dalam orang-orang kita. Sangat banyak mitos yang mengedar di orang-orang satu diantaranya tentang maksud bedong untuk meluruskan kaki. Ketrampilan membedong bayi juga dinilai dari “kenceng” tidaknya kain.

Mari kita saksikan sebagian pendapat sebagian dokter tentang bedong bayi serta pengaruhnya pada kaki lurus :

1. Dokter anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita, dr Aditya Suryansyah SpA (K) 

“Pembedongan sesungguhnya tak harus dikerjakan karena dapat dibuktikan tak ada hubungan dengan kaki bengkok. Seperti di ketahui, suhu didalam kandungan ibu sekitaran 37 derajat Celcius, sedang suhu ruang 27 derajat Celcius. Jadi orang jaman dahulu membedong. Karena telah banyak di jual pakaian hangat serta selimut untuk bayi, jadi sekarang ini tak perlu membedong bayi, ”

2. dr. Piprim Basarah Yanuarso, SpA (K) 

“Pembedongan mempunyai tujuan untuk menghangatkan bayi serta bukanlah untuk meluruskan kaki bayi. Posisi normal kaki bayi memanglah agak bengkok, hingga beberapa orangtua tak perlu cemas. Bedong sangat lama sesungguhnya malah ‘MEMAKSAKAN’ kaki bayi supaya lurus”

3. Pendapat Dokter kandungan DR. dr. Ali Sungkar SpOG 

“Saya beberapa terang tak sepakat bayi dibedong. Pikirkan berapakah jam bayi kita mesti dibedong, kakinya mesti diluruskan. …. Banyak sendi-sendi pada kaki bayi yang perlu digerakkan supaya tak kaku serta alami perkembangan. ”

4. Dokter Rinawati Rohsiswatmo 
0px;">
“Ini bukanlah posisi biologis bayi dalam kandungan. Dalam rahim posisi kaki bayi malah menekuk, begitu halnya ke-2 tangannya. (Bedong) itu menyalahi kodrat.
Berdasar pada pendapat sebagian dokter diatas telah terang kalau Bedong ketat untuk meluruskan kaki bayi : tak dapat dibuktikan serta tak direferensikan! 

Apa Kemungkinan Bayi Dibedong sangat Kencang?

Mengutip hasil riset seseorang orthopedi anak yang dikerjakan di Jepang, bedong yang dikerjakan pada bayi malah menyebabkan rusaknya kronis pada tulang bayi. ”

Seperti cuplikan artikel yang tercantum dari satu diantara himpunan link di AAP di bawah ini :

“Improper swaddling may lead to hip dysplasia or developmental dysplasia of the hip. When in the womb the baby’s legs are in a fetal position with the legs bent up and across each other. Sudden straightening of the legs to a standing position can loosen the joints and damage the soft cartilage of the socket. ”
- See more at :
http :// hipdysplasia. org/developmental-dysplasia-of-the-hip/hip-healthy-swaddling/#sthash. h6zETKPv. dpuf

Inilah BAHAYA DI BALIK BEDONG KENCANG Bayi

Lantas bagaimana dengan anak bayi yang “kagetan”? 

Bedong bisa dikerjakan dengan memerhatikan :
Bedong yang mempunyai tujuan untuk menghangatkan bayi, bisa dikerjakan dengan tetaplah memerhatikan ruangan gerak bayi terlebih panggul serta kaki bayi.
Tutorial video tentang membedong dengan baik dapat diintip di http :// hipdysplasia. org/developmental-dysplasia-of-the-hip/hip-healthy-swaddling /.
Sedang ketidaksamaan bedong sehat serta membedong sangat ketat terlihat di photo seperti ini :
Inilah BAHAYA DI BALIK BEDONG KENCANG Bayi

Jauhi bedong yang sangat ketat yang berisiko mengakibatkan dislokasi tulang serta hip dysplasia
Sebagian bayi terasa tambah nyaman dibedong terlebih dengan reflek kaget karena tambah nyaman serta hangat seperti dipeluk, walau demikian tetaplah cermati durasi tidur bayi serta kecukupan minum ASI, selekasnya buka bedong jika anak sangat lama tidur.
Tentukan bahan bedong yang nyaman, jauhi penggunaan pakaian berlapis waktu cuaca panas. Bedong moderen/bedong instan dapat jadikan pilihan.
Tetaplah cermati SIDS, Sudden Infant Death Syndrome. Senantiasa tempatkan bayi yang terbedong pada punggung bayi. Jauhi selimut atau barang sekitaran tempat tidur bayi yang dapat menghambat kepala/sekitaran leher bayi yang berisiko menutupi pernapasan.
Referensi American Academy of Pediatrics, membedong bisa dikerjakan hingga umur 2 bln., mengingat risiko SIDS serta kekuatan gerak bayi yang telah lebih aktif melebihi newborn.
Semoga bermanfaat, jangan lupa bagikan info penting ini ya...
Sumber: tolongbagikan.com

0 Komentar Mengerikan... Inilah BAHAYA DI BALIK BEDONG KENCANG Bayi

Posting Komentar

Back To Top