Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 22 Februari 2016

Hebat !! Inilah TEMUAN TERBARU Solusi Ampuh Gigi Ompong Agar Bisa tumbuh Lagi Dengan Menanamkan ‘Sekuncup’ Sel Pada Gusi

Hebat !! Inilah TEMUAN TERBARU Solusi Ampuh Gigi Ompong Agar Bisa tumbuh Lagi Dengan Menanamkan ‘Sekuncup’ Sel Pada Gusi
Hebat !! Inilah TEMUAN TERBARU Solusi Ampuh Gigi Ompong Agar Bisa tumbuh Lagi
Dengan Menanamkan ‘Sekuncup’ Sel Pada Gusi

Ilmuwan berhasil menumbuhkan gigi utuh dari sel induk. Gigi buatan ini serupa gigi asli. Menariknya, gigi ini juga sensitif pada rasa sakit serta mampu mengunyah makanan.

Terobosan baru ini diuji pada tikus. Ilmuwan mengatakan, solusi ini nantinya bisa diterapkan pada manusia yang giginya tanggal. Para ilmuwan memanfaatkan kekuatan sel induk guna menumbuhkan gigi baru.

Hal ini dilakukan melalui pencampuran dua sel induk dan menumbuhkannya di lab dalam campuran zat kimia dan vitamin untuk memulai transformasi. Setelah lima hari, ‘tunas gigi’ muncul dan diletakkan dalam kotak plastik yang ada dalam tubuh tikus.

Dalam 60 hari, gigi tumbuh menjadi gigi sempurna. Meski terdengar aneh, meletakkan tunas gigi ke dalam tubuh berfungsi memastikan tunas gigi memiliki akses pada cairan dan sinyal kimia yang dibutuhkan untuk berkembang lebih lanjut.

Saat gigi tumbuh sempurna, gigi dikeluarkan dan ditanam ke rahang. Dalam enam pekan seperti dilaporkan jurnal PLoS ONE, gigi pun bersatu dengan rahang. Gigi buatan ini memiliki semua komponen gigi asli, termasuk enamel, mahkota dan akar, dan serat penghubung untuk memperbaiki tulang.

“Gigi buatan ini berfungsi sempurna. Tak ada masalah menggigit dan memakan makanan setelah penanaman,” papar asisten profesor Masamitsu Oshima di Research Institute for Science and Technology Tokyo University of Science.

Karena riset masih dalam tahap awal, peneliti mengaku setidaknya butuh satu dekade sebelum orang benar-benar bisa 'menumbuhkan gigi mereka sendiri', seperti yang dilansir Dailymail.

Sementara temuan terbaru para ilmuwan di Inggris menyebutkan seseorang bisa mengganti gigi yang copot dengan cara menumbuhkan gigi baru.

Cara menumbuhkan gigi baru ini yaitu dengan menanamkan ‘sekuncup’ sel pada gusi. Sel ini nantinya akan tumbuh menjadi gigi baru penganti gigi yang telah hilang. Pasien yang menjalani prosedur penanaman sel bakal gigi ini harus dibius lokal dan gigi akan tumbuh hanya dalam beberapa bulan.

Temuan Baru Bisa Tumbuhkan Gigi dengan Cepat
Professor Paul Sharpe dari Dental Institute of King’s College di London menyebutkan, prosedur baru ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan metode penumbuhan gigi yang digunakan sekarang. Saat ini, penumbuhan gigi baru umumnya dilakukan dilakukan dengan menggunakan semacam mahkota buatan yang dilekatkan pada sebuah tiang besi dan rahang.

“Operasi penumbuhan gigi dapat melebar dan Anda harus memiliki tulang rahang yang kuat. Bagi sebagian besar pasien, hal ini bisa menjadi masalah,” kata Sharpe seperti dikutip dari TG Daily, Rabu (30/12/2009).

Cara baru yang ditemukan Sharpe dan rekannya memanfaatkan sel induk yang diambil dari tubuh pasien dan dimodifikasi melalui percobaan laboratorium sehingga bisa menjadi sel yang tumbuh menjadi gigi baru.

Setelah beberapa minggu, sel tersebut diuji coba untuk mengetahui jenis gigi apa yang akan dikembangkan. Setelah diseleksi, bakal gigi yang paling baik akan terpilih untuk ditanamkan pada gusi.

Eksperimen ini telah terbukti berhasil dilakukan pada tikus. Itu sebabnya, Sharpe sangat optimis cara ini pun bisa bekerja pada manusia.okezone. Inovasi teknologi kesehatan temuan terbaru cara tumbuhkan gigi dengan cepat tanpa ompong.

SEMOGA BERMANFAAT, JANGAN LUPA BAGIKAN KEPADA KELUARGA DAN REKAN ANDA YA  ^_^

Sumber :

1 Response to Hebat !! Inilah TEMUAN TERBARU Solusi Ampuh Gigi Ompong Agar Bisa tumbuh Lagi Dengan Menanamkan ‘Sekuncup’ Sel Pada Gusi

  1. Gabung yuk di F*a*n*s*B*E*T*T*I*N*G
    Ini pin bbmnya 5ee80afe :D

    BalasHapus

Back To Top