Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 11 Januari 2016

Cara Mengatasi Nyeri Sakit Kepala Saat Haid (Menstruasi)


Menstruasi ini juga sering disebut dengan haid, atau datang bulan ini adalah perubahan fisiologis bagi kaum hawa, biasanya mulai berumur 9 tahun ini terjadi. Dalam agama islam ini menandakan bahwa seorang remaja wanita sudah baligh usianya. Dalam dunia kesehatan ini menandakan remaja wanita sudah beranjak remaja dari masa kanak¬kanaknya. Sedangkan dalam dunia psikologis, ini menandakan bahwa sudah dewasa dan mulai bisa mandiri.
Haid atau menstruasi normal di alami oleh wanita usia subur. Siklus menstruasi pada wanita tidaklah sama tapi rata – rata setiap satu siklus berjarak satu bulan. Masa haid paling pendek 1 hari dan paling lama 15 hari. Setelah 15 hari tapi menstrusai belum sembuh, segera hubungi tenaga medis untuk pertolongan lebih lanjut.
Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari paling lama 15 hari. Jika darah keluar lebih dari 15 hari maka itu termasuk darah penyakit. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya.
Menstruasi, Bukan Darah Kotor
Bukan rahasia jika kebanyakan orang menganggap bahwa darah menstruasisebenarnya adalah darah kotor yang perlu dikeluarkan dari dalam tubuh kita. Benar bahwa bersama darah menstruasi, tubuh mengeluarkan unsur-unsur yang tidak terpakai. Tetapi sebenarnya darah yang ada adalah darah yang sama seperti darah yang mengalir di dalam tubuh kita.
Darah menstruasi pada dasarnya terdiri dari darah, jaringan dalam rahim yang diluruhkan, dan unsur-unsur dari dalam saluran vagina yang dikeluarkan oleh tubuh. Komposisi unsur yang terkandung di dalam darah menstruasisebenarnya menggambarkan berbagai tahapan sepanjang siklus menstruasi.
Sekalipun demikian, kekentalan darah menstruasi setiap perempuan berbeda, karena setiap perempuan adalah unik. Ketebalan selaput dinding rahim adalah hal utama yang memengaruhi karakter darah menstruasi seorang perempuan. Makin tebal selaput dalam dinding rahim, makin kental darah menstruasinya.
Selain itu, ada unsur-unsur dari saluran vagina yang terkandung di dalam darahmenstruasi. Umumnya berupa cairan elektrolit, seperti; sodium dan potasium.
Sedangkan unsur penting lain yang juga ditemukan di dalam darah menstruasicenderung rendah kadarnya. Darah menstruasi mengandung lebih banyak air, hanya sedikit zat besi dan hemoglobin. Tetapi memiliki kadar pH yang sama dengan darah biasa, yaitu 7.2. Sedangkan kadar protein, kolesterol dan bilirubincenderung lebih rendah dibandingkan darah biasa.
Darah menstruasi tidak mengandung unsur yang dibutuhkan untuk proses pembekuan darah, dan karenanya tetap cair baik di dalam ataupun di luar tubuh. Tiga unsur pembeku darah, yaitu; prothrombin, thrombin, dan fibrinogen tidak terdapat di dalam darah mensturasi. Darah menstruasimengandung banyak unsur yang membuat darah tetap cair.
Kekentalan darah menstruasi juga sangat tergantung pada banyaknya lapisan dalam dinding rahim yang diluruhkan.
Jadi, sebenarnya selain selaput dinding rahim dan unsur dari saluran vagina, darah menstruasi adalah darah biasa. Tidak ada yang kotor!
Tanda Akan Menstruasi Pada Wanita
Menstruasi bisa sangat mengganggu kita dan hal ini bisa membuat wanita terkadang risih ketika datang bulan tiba. Walaupun dalam kajian ilmiah untuk menentukan kapan tepatnya waktu saat haid tiba menghampiri anda, dengan mengenali tanda tanda akan menstruasi pertama kali bisa membantu kita untuk mengenali kapan waktu haid akan segera tiba. Yuk kenali tanda tanda akan menstruasi sebagai berikut:

Perut diare, sembelit, kram dan mual

Ketika wanita mengalami hal-hal seperti diatas, merupakan gejala awal tanda akan menstruasi. Selain hal tadi ada juga beberapa wanita yang mau makan makanan tertentu seperti ibu hamil yang sedang mengidam. Tetapi ada juga yang malah tidak nafsu makan ketika akan menjelang menstruasi.

Suasana Hati Mudah Emosi

Ketika tanda akan menstruasi pada wanita datang menghampiri terkadang mood kita menjadi sensitif, maunya uring uringan, mudah marah, cengeng dan rasa malas untuk aktifitas. Nah ketika mengalami gejala-gejala tadi adalah contoh tanda tanda akan menstruasi.

Tubuh Mengalami Perubahan

Muncul Jerawat, merupakan perrtanda yang paling sering kita rasakan ketika akan haid tiba. Jerawat yang muncul pada saat menstruasi merupakan akibat dari proses hormonal yang cenderung mengalami perubahan. Selain itu terkadang ada juga yang mengalami seperti bengkak pada bagian tangan juga kaki. Pembengkakan yang terjadi pada bagian tubuh lainnya adalah payudara terasa bengkak kencang dan puting juga akan terasa lebih besar dari biasanya. Tanda-tanda akan menstruasi lainnya adalah terasa capek dan pegal pada area sekitar paha dan juga punggung.

Keputihan Saat Haid

Kalau misalnya anda merasakan adanya cairan lendir putih tetapi tidak bau dan berasal dari area kewanitaan anda, itu adalah keputihan. Pertama kali biasanya warnanya putih, namun lama-lama juga akan berubah warnanya menjadi semacam coklat.

Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur Dengan Bahan Alami

Cara mengatasi haid tidak teratur.

Setiap satu bulan sekali, pada wanita yang sudah menginjak usia pubertas pasti akan kedatangan “tamu” yaitu haid. Haid yang teratur adalah dambaan setiap wanita. Jangan anggap sepele jika haid sobat tidak teratur, karena haid yang tidak teratur bisa jadi karena masalah kesehatan pada alat reproduksi sobat.

Cara Mengatasi Haid yang Tidak Teratur

Banyak faktor yang mempengaruhi terlambat tidaknya siklus haid seorang wanita bisa satu atau dua bulan bahkan sampai berbulan - bulan. Hal – hal yang mempengaruhi tersebut bisa mulai dari pola makan, aktivitas, ketidak stabilan hormon, penyakit bahkan tingkat stress pun sangat berpengaruh. Maka dari itu buat sobat sebelum melakukan pengobatan lebih baik kenali dulu penyebabnya.

Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur Secara Alami

Buat sobat yang mempunyai siklus haid yang nggak teratur, nggak usah khawatir. Disini nanti akan kita bahas untuk sobat beberapa ramuan tradisional yang dipercaya sebagai salah satu cara mengatasi haid tidak teratur. Ramuan tersebut antara lain:

Mengkonsumsi Jus Pepaya

Pepaya ternyata juga bermanfaat untuk membantu melancarkan haid sobat. Buat sobat yang rajin mengkonsumsi atau minum jus pepaya diyakini akan mendapatkan haidnya secara teratur. Harga pepaya yang murah dan mudah di dapat dapat menjadi pilihan yang baik untuk sobat.

Rajin Mengkonsumsi Anggur

Anggur adalah salah satu buah yang kaya manfaat. Salah satu manfaatnya yang sangat banyak itu melancarkan haid adalah salah satunya. Jika sobat rajn mengkonsumsi buah anggur, akan membantu melancarkan haid sobat setiap bulan.

Jus Lidah Buaya

Ternyata selain bermanfaat untuk membuat kemilau indah rambut, si hijau yang berlendir ini juga mempunyai manfaat untuk melancarkan sklus haid. Sobat dapat membuat jus dari lidah buaya dan mengkonsumsinya untuk mendapatkan haid yang teratur. Selan mendapatkan manfaat siklus haod teratur, sobat juga akan medapatkan kulit yang sehat.

Jus Labu

Jus labu sangat direkomendasikan buat sobat yang sering banget mengalami terlambat datang bulan. Hati – hati ya sobat karena rasa jus ini pasti sangat pahit.

Menggunakan Biji Wijen

Nggak nyangka kan kalau biji wijen bermanfaat untuk melancarkan haid. Cara untuk membuat ramuan ini cukup mudah. Pertama sobat ambil satu gengam biji wijen. Kemudian biji tersebut sobat rendam dalam air hangat matang selama semalam. Keesokan harinya sobat minum saat kondisi perut sobat belum ada isinya alias kosong.

info seputar kesehatan yang lain masih banyak, satu lagi yang menarik dan harus sobat baca cara mengatasi burket/ ketiak basah, nggak mau kan rasa PD kita luntur seketika gara gara burket?

Nah itulah beberapa tips yang bisa menjadi pilihan buat sobat untuk mencegah terlambat haid. Tapi alangkah baiknya jika sobat memeriksakan diri ke dokter kandungan jika dalam beberapa bulan sobat masih belum mendapatkan haid yang teratur.

Semoga bermanfaat.

Dalam menjalani hidupnya, wanita akan melewati beberapa fase perubahan alami di tubuhnya serta masalah yang menyertainya, yaitu saat mengalami haid pertama, pertama kali berhubungan seksual, mengandung dan melahirkan, hingga menopause (berhentinya Haid).

Salah satu masalah yang paling sering menjadi keluhan oleh kebanyakan wanita adalah nyeri saat Haid (dismenorrhea). Sebenarnya nyeri saat Haid merupakan hal yang lumrah dialami oleh setiap wanita, akan tetapi yang membedakannya adalah apabila hal tersebut mengganggu aktivitas dan kehidupan sehari-harinya.

Nyeri saat haid dapat kita kategorikan menjadi dua, yaitu nyeri primer dan sekunder. Nyeri haid primer yaitu nyeri Haid yang tidak berhubungan dengan kelainan patologis yang berasal dari panggul dan organ di dalamnya. Nyeri ini dapat terjadi 2-3 tahun setelah Haid pertama dan mencapai puncaknya saat wanita mencapai usia 15-25 tahun. Kemudian nyeri akan menurun intensitasnya seiring dengan pertambahan usia dan menghilang saat wanita melahirkan secara alami.

Nyeri ini dapat bersifat hilang timbul atau menetap. Biasanya nyeri terasa 24 jam sebelum Haid dan berakhir 24-36 jam setelah haid berhenti. Nyeri dirasakan pada perut bagian bawah yang kemudian dapat menyebar ke punggung atau bagian dalam paha. Gejala-gejala lain yang dapat menyertai antara lain mual, muntah, sakit kepala, cemas, gelisah, diare, pingsan, dan perut kembung.

Membaca hal diatas tentu menimbulkan pertanyaan di dalam benak anda, “mengapa nyeri dapat terjadi?”. Ada berbagai macam teori yang mencoba untuk menjelaskannya. Teori yang paling mendekati adalah yang menyatakan bahwa saat menjelang haid tubuh wanita menghasilkan suatu zat yang disebut prostaglandin.

Zat tersebut mempunyai fungsi yang salah satunya adalah membuat dinding rahim berkontraksi dan pembuluh darah sekitarnya terjepit (konstriksi) yang menimbulkan iskemi jaringan. Intensitas kontraksi ini berbeda-beda tiap individu dan bila berlebihan akan menimbulkan nyeri saat haid. Selain itu prostaglandin juga merangsang saraf nyeri di rahim sehingga menambah intensitas nyeri. Prostaglandin juga bekerja di seluruh tubuh, hal ini menjelaskan mengapa ada gejala-gejala yang menyertai nyeri saat haid.

Apabila nyeri saat haid muncul saat anda berumur lebih dari 20 tahun maka ini masuk dalam kategori kedua yaitu nyeri haid sekunder, yaitu nyeri haid yang berhubungan dengan kelainan yang berasal dari panggul dan

organ didalamnya.Biasanya nyeri ini terjadi 2 hari atau lebih sebelum Haid dimulai dan rasa nyeri akan semakin hebat saat haid, kemudian menghilang 2 hari atau lebih setelah haid berhenti.

Adapun kelainan yang dapat menimbulkan nyeri haid sekunder antara lain :

endometriosis

sindroma Allen

mosters

sindroma kongesti pelvis

kista ovarii dan tumor

penyakit infeksi panggul

adenomyosis

myoma uteri

polip uteri

sindroma asherman

kelainan kongenital

alat kontrasepsi intra uterin

stenosis dan sumbatan vagina

dll


lalu bagaimana cara mengatasinya?

Ada banyak hal yang dapat dilakukan mulai dari hal yang sederhana, pemakaian obat-obatan, hingga terapi hormonal. Berikut ini beberapa tips untuk mencegah nyeri saat haid :

1. Olahraga ringan saat haid, namun hindari olahraga berat.

2. Hindari konsumsi alkohol, kopi, dan juga coklat karena dapat meningkatkan kadar estrogen yang nantinya dapat memicu lepasnya prostaglandin. Hindari juga makanan bersuhu dingin misalnya es krim.

3. Konsumsi vitamin E, vitamin B6, atau minyak ikan.

4. Konsumsi sayuran dan buah-buahan serta makanan rendah lemak.

Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi sakit perut saat haid :

Kompres dengan botol panas (hangat) tepat pada bagian yang terasa kram (bisa di perut atau pinggang bagian belakang)

Mandi air hangat, boleh juga menggunakan aroma terapi untuk menenangkan diri

Minum minuman hangat yang mengandung kalsium tinggi

Mengosok-gosok perut/pinggang yang sakit

Ambil posisi menungging sehingga rahim tergantung ke bawah. Ini bisa membantu relaksasi

Tarik napas dalam-dalam secara perlahan untuk relaksasi.
Obat-obatan yang digunakan harus atas pengawasan dokter. Boleh minum analgetik (penghilang rasa sakit) yang banyak dijual di toko obat terutama yang mengandung antara lain asam mefenamat, ibuprofen, diclofenac sodium atau naproxenen dalam komposisi obat, asal dosisnya tidak lebih dari 3 kali sehari.

Apabila penggunaan obat-obatan analgesik tidak berhasil maka dapat dilakukan terapi hormonal sesuai ajuran dokter.Bila keluhan nyeri dapat dihilangkan dengan cara sederhana maka hal itu jauh lebih baik daripada penggunaan obat-obatan karena obat-obatan akan menimbulkan ketergantungan terhadap efek penghilang nyeri dan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Prinsip terapi pada nyeri saat haid primer sama dengan sekunder, akan tetapi lebih baik bila Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan untuk penanganan lebih lanjut.

Satu hal yang paling utama adalah pola hidup sehat demi kenyamanan hidup Anda.

Cara Mengatasi Nyeri Haid Hari Pertama

Nyeri haid atau dalam bahasa medis disebut disminore merupakan hal yang wajar di alami, mengingat saat haid terjadi perlukaan pada dinding rahim untuk mengeluarkan sel telur yang menempel pada dinding rahim.

Disminore atau nyeri haid pada seseorang berbeda antara satu dengan yang lain. Ada yang hanya nyeri sedikit tapi ada juga yang merasakan nyeri begitu hebat bahkan sampai mengganggu aktivitas sehari – hari. Saat haid nyeri yang di rasakan menjalar ke seluruh peruh, terlebih perut bagian bawah kadang di sertai mulas, dan ada beberapa wanita yang mengalami diare dan ada juga yang mengalami sembelit. Satu lagi yang pasti saat haid datang entah kenapa emosi wanita susah untuk di kendalikan, wanita akan mudah tersinggung dan cepat marah pada saat haid di banding saat – saat hari biasa.

Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami

Nyeri haid memang mengganggu, tapi jangan buru – buru minum obat sebagai pilihan cara mengatasi nyeri haid ya.

Nyeri pada saat haid terlebih hari pertama dapat di atasi dengan beberapa tips alami, tips – tips sebagai cara mengatasi nyeri haid antara lain:

Cara mengatasi nyeri haid dengan kompres hangat

Saat nyeri haid, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengompres hangat, taruh air hangat ( panas bisa di atur sesuai selera) di dalam botol lalu letakkan di bagian perut yang sakit. Tekhnik ini merupakan tekhnik relaksasi untuk mengatasi nyeri.

Cara mengatasi nyeri haid dengan pisang

Pisang mampu mengurangi nyeri saat haid, perbanyak konsumsi pisang menjelang hari – hai akan datang bulan. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada saat haid.

Cara mengatasi nyeri haid dengan diet

Diet yang dimaksud di sini bukan diet yang mengatur pola makan agar mendapatkan berat badan yang ideal, diet di sini lebih ditujukan pada pengaturan pola makan. Saat sedang haid usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung cafein, alkoho, gula dan soda. Saat haid perbanyak konsumsi buah terlebih yang banyak mengandung magnesium, kalsium dan zinc.

Perbanyak konsumsi zat besi

Saat menstruasi, darah akan banyak yang keluar, perbanyak konsumsi zat besi untuk menghindari anemia. Makanan yang mengandung banyak zat besi diantaranya sayur bayam, kacang – kacangan, ubi rambat merah.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi menstruasi, selain nyeri haid sebagian wanita pasti juga mngalami siklus menstruasi yang tidak teratur.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Alami Tanpa Obat

Cara mengatasi sakit kepala. Sakit kepala dapat menyerang siapa saja, nggak pandang bulu. Mau tua, muda, besar ataupun kecil juga pernah merasakan sakit kepala. Sakit kepala atau pusing itu sangat menyakitkan bagi yang merasakan. Semua serba nggak enak, aktivitas juga akan terganggu karena sakit kepala ini.

Ada banyak obat yang di jual bebas untuk menghilangkan sakit kepala. Sebenarnya obat-obat tersebut hanya menghilangkan rasa nyerinya saja dan tidak menghilangkan penyebabnya. Sebaiknya sebelum memilih obat untuk menghilangkan sakit kepala, sobat lebih baik melakukan beberapa tips untuk mengatasi sakit kepala seperti yang akan kita sampaikan disini.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Haid

Sakit kepala pun akan dirasakan ketika haid. Tidak hanya sakit kepala saja, perut juga akan terasa sangat nyeri dan badan akan terasa meriang, capek pokoknya serba nggak enak. Ini yang di sebut premenstrual syndrom atau PMS. PMS dapat membuat wanita berada di situasi yang nggak enak banget, perut nyeri, badan pegal semua, kadang disertai diare atau sembelit.

Dan yang paling umum saat menstruasi wanita akan lebih mudah emosi dan sulit untuk mengendalikannya. Cara untuk mengatasi nyeri saat menstruasi sudah pernah kita bahas sebelumnya baca yuk di cara mengatasi nyeri haid hari pertama.

Cara Mengatasi Sakit Kepala atau Pusing

Beberapa tips yang bisa sobat lakukan di rumah untuk mengurangi sakit kepala sebelum meminum obat antara lain:

Cara mengatasi sakit kepala dengan pijatan lembut

Pijat lembut bagian leher belakang kepala, pelipis, dan pundak. Gunakan minyak urut atau minyak kayu putih untuk memijat. Billa perlu minta tolong pada orang lain untuk memijat kita. Pijatan lembut dapat melancarkan peredaran darah ke otak sehingga aliran darah dan oksigen ke otak akan lancar. Lakukan sampai badan terasa nyaman dan sakit kepala berkurang.

Cara mengatasi sakit kepala dengan istirahat cukup

Sakit kepala bisa timbul karena kita kurang tidur. Saat sakit kepala terasa cobalah untuk tidur sekitar 1 jam. Hal ini dapat membantu memulihkan otot yang tegang. Cari tempat yang nyaman dan tenang untuk tidur.

Selain itu, jangan takut untuk berolahraga. Tidak harus olahraga berat kok, cukup jalan-jalan selama 15-20 menit sehingga tubuh lebih rileks.

Cara mengatasi sakit kepala dengan tekhnik relaksasi

Teknik relaksasi yang akan kita gunakan adalah teknik nafas dalam. Caranya pejamkan mata sobat lalu tarik nafas panjang tahan sekitar 3 detik lalu hembuskan perlahan melalui mulut. Lakukan teknik beberapa kali, saat menarik nafas letakkan tangan kiri di perut dan tangan kanan di dada. Biarkan aliran udara mengisi seluruh rongga perut, lalu hembuskan perlahan dengan tenang sehingga tercipta perasaan yang nyaman.

Cara mengatasi sakit kepala dengan minuman hangat

Minuman seperti teh hangat atau jahe hangat dapat membantu melancarkan peredaran darah. Minuman hangat juga dapat memberikan sensasi rasa nyaman, nikmati segelas teh hangat di tempat yang tenang dan sejuk sambil mendengarkan lagu favorit sobat.

Cara mengatasi sakit kepala dengan kompres dingin atau hangat

Basahi handuk menggunakan air hangat lalu tempelkan ke bagian yang sakit dan leher bagian belakang, lakukan berulang-ulang. Jika memilih menggunakan es batu, taruh es batu di handuk kering alu kompreskan di leher bagian belakang.

Cara mengatasi sakit kepala dengan minyak urut

Gunakan minyak urut atau minyak kayu putih dengan menggosokkan di bagian kepala yang sakit, dan sekitar leher belakang. Gosokkan sambil di pijit lembut. Jika ada gunakan minyak yang beraroma peppermint.

Cara mengatasi sakit kepala dengan minum air putih

Cukupi air minum Karena kurang cairan, sakit kepala bisa semakin buruk. Hindari makanan terlalu banyak kandungan garam atau makanan dan minuman yang sifatnya diuretik. Perbanyak konsumsi air minum sehingga nyeri sakit kepala tidak membuat Anda terganggu dan sakit kepala lebih cepat diredakan.

Dehidrasi dapat membuat kepala menjadi pusing, dengan cukup minum air akan membantu menjaga tubuh tidak sampai dehidrasi sehingga tidak sakit kepala.

Makan makanan kaya estrogen

Tingkatkan level hormon estrogen Anda dengan makan makanan kaya estrogen seperti udang, jamur, beberapa hari sebelum menstruasi datang. Cara ini akan menjaga level hormon estrogen tetap seimbang sehingga sakit kepala bisa dicegah.

Perbanyak konsumsi makanan kaya estrogen

Sehari atau dua hari sebelum menstruasi tingkat estrogen wanita akan menurun. Penurunan hormon estrogen yang terjadi selama anda mengalami menstruasi ini akan membuat pembuluh darah membesar dan menyebabkan otot menjadi kejang. Hal inilah yang kemudian menyebabkan sakit kepala. Karena itu, sebaiknya anda mengonsumsi makanan yang kaya estrogen sebelum menstruasi datang.

Estrogen adalah sekelompok hormon steroid alami yang berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan karakteristik sek*ual wanita. Meskipun pada umumnya hormon ini dikeluarkan baik oleh pria maupun wanita, namun lebih besar secara signifikan pada wanita, lebih-lebih pada wanita pada usia reproduksi.

Karakteristik seksual sekunder yang membentuk variasi antara pria dan wanita, sebagian ditentukan oleh hormon steroid ini.

Pengenalan Singkat

Estrogen juga berperan penting dalam mengatur kegiatan pada organ reproduksi pada kaum wanita. Mereka terdiri dari seluruh kelas hormon yang diproduksi oleh folikel ovarium selama siklus menstruasi, dan juga oleh plasenta selama kehamilan. Hati, pay*dara dan kelenjar adrenal juga berkontribusi dalam memproduksi hormon ini meskipun dalam jumlah yang lebih kecil. Tingkat estrogen yang disekresikan oleh tubuh terutama tergantung pada dua hormon, yaitu LH (Luteinizing Hormone ) dan FSH (Follicle Stimulating Hormon) yang dihasilkan oleh hipotalamus di otak. Oleh karena itu, stres mental mengakibatkan ketidak seimbangan hormonal dalam tubuh, yang dapat menyebabkan masalah lebih lanjut.

Wanita yang berada di ambang menopause cenderung mengalami fluktuasi tingkat esterogen berlebihan. Tingkat estrogen yang tinggi dapat menyebabkan kram atau insomnia, sementara penurunan tingkat hormon ini dapat menyebabkan kelelahan dan osteoporosis(kondisi yang membuat tulang rapuh atau bahkan dapat menyebabkan depresi). Untuk mengatasi fluktuasi tersebut, hormon non steroid kadang-kadang diresepkan untuk mempertahankan tingkat estrogen agar optimal. Namun hal ini mungkin bisa memiliki efek samping besar. Oleh karena itu, estrogen yang didapat secara alami jauh lebih diminati.

Berikut sepuluh makanan yang mengandung kadar estrogen tinggi.

1 . Biji rami :

Biji rami mengandung Phytoestrogen yang disebut dengan lignan. Biji ini bisa digunakan dalam roti, sereal dan salad untuk meningkatkan tingkat penyerapannya. Biji rami mengandung fitoestrogen paling tinggi: 379.380 mcg per 100 g, dan sekitar 85,5 mg lignan dalam satu ons biji rami.

2 . Tahu :

Tahu dibuat dari kedelai yang tinggi phytoestrogen atau yang disebut isoflavon. 3 ons tahu menawarkan 20 mg isoflavon atau sekitar 27,150.1 mcg fitoestrogen per 100 g .

3 . Kedelai :

Kedelai merupakan salah satu sumber makanan yang kaya fitoestrogen. Asupan makanan yang kaya estrogen seperti kedelai ini dikenal dapat membantu gejala pada siklus menstruasi pada wanita. Makanan Ini adalah pilihan yang cocok untuk camilan saat membutuhkan gizi yang banyak. Satu cangkir kedelai mengandung 24 mg isoflavon atau 103.920 mcg fitoestrogen per 100 g .

4 . Kedelai yogurt :

Yogurt kedelai atau bean curd yogurt adalah yogurt yang terbuat dari susu kedelai. Secangkir yoghurt ini mengandung 21mg isoflavon, atau 10.275 mcg fitoestrogen per 100 g.

5 . Biji wijen :

Biji wijen juga mengandung fitoestrogen yang dikenal dengan lignan. Biji ini biasa digunakan untuk membuat berbagai macam hidangan dan juga dapat ditaburkan di atas makanan pembuka tertentu. Satu ons biji wijen mengandung 11,2 mg lignan, atau 8008.1mcg fitoestrogen 100 g. Perbandingan dengan biji bunga matahari atau biji helianthus, yang lebih sedikit fitoestrogen, yaitu hanya 216 mcg per 100g .

6 . Roti :

Seluruh biji-bijian seperti gandum, barley, rye dan gandum mengandung fitoestrogen yang dikenal dengan lignan. Jumlah unit per berat tergantung dari konsentrasi biji-bijian dalam roti.

7 . Susu kedelai :

Susu kedelai adalah minuman yang terbuat dari kedelai yang diekstrak, yang juga kaya fitoestrogen yang disebut isoflavon. Satu cangkir susu kedelai mengandung sekitar 30 mg flavon atau 2,957.2 mcg fitoestrogen per 100 g .

8 . Buncis :

Per 100gr Kacang buncis memberikan 993 mcg fitoestrogen. Buncis biasa diolah sebagai sayuran, direbus dsb.

9 . Bawang putih :

Bawang putih juga merupakan sumber isoflavonoid dengan 603.3mcg fitoestrogen per 100 g. Bawang putih adalah salah satu bahan makanan yang banyak digunakan dalam masakan di seluruh dunia.

10 . Aprikot kering , prune dan kurma :

Aprikot kering jauh lebih memberikan tinggi fitoestrogen daripada aprikot alami. Aprikot kering mengandung 445,5 mcg fitoestrogen per 100 g. Kurma kering dengan 329,5 mg per 100g isoflavoids, sementara plum kering atau prunes dengan 177.5mcg per 100 g. Mereka juga merupakan sumber estrogen yang baik.

Makan makanan kaya estrogen yang disebutkan di atas, baik dari buah-buahan dan sayuran tidak hanya akan memastikan kelancaran transisi ke menopause bagi wanita, tetapi juga akan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Kurangi Retensi cairan

Salah satu penyebab semakin memburuknya sakit kepala adalah karena retensi air dalam tubuh. Untuk itu, hindarilah cairan diuretik semisal garam dan mengonsumsi makanan anti-diuretik sebagai gantinya. Hal ini akan mengurangi retensi air dalam tubuh Anda.

Beberapa contoh makanan dan minuman diuretik alami adalah asparagus, tomat, melon, wortel, selada, bawang putih, jus cranberry, petersely, seledri, teh hijau dan adas.

Mengatasi Sakit Kepala Secara Herbal

1. Cara Mengobati Sakit Kepala dengan Meminum Air Putih, salah satu penyebab sakit kepala adalah karena dehidrasi / kekurangan cairan pada tubuh, maka dari itu, jika anda terserang sakit kepala, segeralah minum air putih. Kemudian biasakan minum air putih 8 – 10 gelas per harinya agar anda terhindar dari sakit kepala.

2. Mengatasi Sakit Kepala dengan Memakan Kentang, sakit kepala juga dapat disebabkan oleh hilangnya elektrolit seperti kalium. Kentang adalah salah satu makanan yang mengandung kalium.

3. Mengatasi Sakit Kepala dengan Pisang, selain kaya akan potasium ternyata pisang juga kaya akan magnesium yang dapat membantu meredakan migrain
5. Mengatasi Sakit Kepala dengan Es Batu, es batu akan menyebabkan mati rasa pada daerah kepala yang terasa sakit, sehingga akan mengurangi rasa sakit kepala.

Itulah beberapa tips cara mengatasi sakit kepala yang bisa sobat lakukan sebelum sobat menggunakan obat. Jika sakit kepala tidak segera sembuh, segera datang ke petugas kesehatan untuk mendapatkan pertolongan yang lebih lanjut. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh. (Djon Liem).

1 Response to Cara Mengatasi Nyeri Sakit Kepala Saat Haid (Menstruasi)

  1. AGENT Fansbetting GAME ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA
    Minimal Deposit & Withdraw = Rp.50.000,
    – Live Chat ( www.Fansbetting.co )
    – PIN BB : 5EE80AFE
    – Whats App : +855 963156245
    – Line : Fansbetting
    – Skype : fans.betting
    Terima kasih, Salam Admin Fansbetting

    BalasHapus

Back To Top